Rabu, 19 Desember 2012


MAKALAH
“Fenomena yang terjadi di Jagat Raya, Tata Surya & Bumi”













 











DISUSUN OLEH
M. BADIK NURZAMAN
KELAS X-7


SMA NEGERI 2 SITUBONDO
Desember, 2012

KATA PENGANTAR
            Puji syukur kehadirat Allah yang maha kuasa karena atas limpahan rahmat dan hidayahnyalah sehingga kami dapat menyelesaikan maakalah geografi ini yang berjudul “ teori-teori terjadinya tata surya dan jagad raya “ walaupun masih sederhana.
            Dalam pembuatan makalah ini, kami tidak luput dari berabagai macam kendala. Namun berkat ketabahan dan kerja keras yang di iringi dengan doa yang tulus kepada Allah swt. Kendala tersebut sedikit demi sedikit dapat terisi.
            Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, maka dari itu kami mengharapkan saran dan kritiknya untuk menambah wawasan dan pengetahuan dalam penulisan hal semacam ini di masa-masa yang akan datang semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin.


                                                                                               Situbondo, 18 Desember 2012



                                                                                                               Penyusun


DAFTAR ISI
1.Kata Pengantar……………………………………………………………………………………………………………………i
2.Artikel Tentang “Galaksi Bimasakti dan Andromeda Mendekat ……………………1
3.Artikel Tentang  Mata Tuhan Berjarak 700 Tahun Cahaya” ……………………………… .2
4.Artikel Tentang “Debu Setan di Kutub Utara Mars”………………………………………... .3
5.Artikel Tentang” Transit: Titik Hitam di Sudut Matahari itu Disebut Venus”…………………………4
6.Artikel Tentang “ Fenomena Badai Matahari”………………………………………………. 5
7.Artikel Tentang” Tabrakan Antar Galaksi”……………………………………………………6

8.Artikel Tentang”Fenomena Teraneh yang terjadi di dunia”…………………………………..7

9.Artikel Tentang” Fenomena Sun Dog 4 Matahari , China”…………………………………..8

10.Artikel Tentang” Fenomena Pintu Neraka, Darvaz, Uzbekistan”………………………………..9
11.Artikel Tentang”Fenomena Lubang Besar, Guatemala”…………………………………………….10
12. Kesimpulan………………………………………………………………………………………………………….11


http://2.bp.blogspot.com/_I0ZNopOBOrI/SjHee04L2hI/AAAAAAAAACU/oVbMtlRqc9k/s320/0953242p.jpg


                                       


Data dari peneropongan puluhan teleskop raksasa di dunia telah mengungkap proses yang terjadi di jagat raya. Diketahui Galaksi Bimasakti dan Andromeda atau M31 bergerak mendekat. Dalam dua miliar tahun, dua galaksi itu akan mulai bertabrakan. Saat itu akan mengakibatkan kiamat bagi bumi yang berada di Galaksi Bimasakti.
Hal ini dilontarkan Tony Seno Hartono selaku National Technology Officer Microsoft Indonesia seusai penyerahan perangkat World Wide Telescope (WWT) kepada Direktur Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP Iptek) Finarya Legoh di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Rabu (10/6).
Perangkat WWT terdiri atas teleskop elektron yang dihubungkan dengan sistem komputer interaktif. Di dalamnya berisi database yang memuat paduan gambar benda-benda di antariksa yang diambil dari 21 teleskop yang tersebar di dunia. Pemaduan gambar yang jumlahnya mencapai jutaan itu dilakukan Jim Crey dari Microsoft. Data yang diberikan NASA untuk WWT atau publik merupakan data pemantauan enam bulan silam, kata Tony.
Dengan memadukan hasil peneropongan ini, selain kemungkinan tabrakan antargalaksi juga diketahui, bulan ternyata bergerak menjauh 3 sentimeter per hari. ”Dengan demikian, pada suatu ketika kita tak lagi melihat bulan dari permukaan Bumi dengan mata telanjang,” ujar Tony.
Staf Ahli Menteri Negara Riset dan Teknologi Engkos Koswara menjelaskan, selain ditempatkan di PP Iptek, perangkat WWT lebih dulu dioperasikan di Teropong Bintang Bosscha, Lembang, sebagai sarana pembelajaran bagi mahasiswa Astronomi ITB. Perangkat WWT pertama kali diperkenalkan Bill Gates kepada Presiden RI ketika berkunjung ke Jakarta beberapa tahun lalu.
Dalam sambutannya, Finarya mengatakan, selain WWT di PP Iptek juga terdapat galeri astronomi dan beberapa teleskop matahari yang bisa digunakan pengunjung. Dalam menyambut tahun Astronomi Internasional pada 2009, PP Iptek juga menggelar beberapa kegiatan terkait, antara lain perkemahan siswa untuk melakukan peneropongan bintang malam hari.


http://4.bp.blogspot.com/_I0ZNopOBOrI/Si4ljoopauI/AAAAAAAAACM/MJPjd6sHhtk/s320/0917343p.jpg

                                                                                    



Para ilmuwan menyebut gambar bintang yang berhasil ditangkap oleh sebuah teleskop raksasa di pegunungan Chili ini Mata Tuhan.

Mata Tuhan atau dikenal juga dengan sebutan Helix Nebula memandang bumi jauh dari ruang angkasa atau mencapai sekitar 700 tahun cahaya.

Helix Nebula menyerupai bola mata berwarna biru dan dihiasi warna putih serta kelopak berwarna merah muda.

Kumpulan warna tersebut terbentuk oleh lapisan gas dan debu yang diterbangkan serta dipancarkan oleh bintang yang akan berakhir masa hidupnya dalam kurun ribuan tahun mendatang.

Matahari juga diperkirakan akan bernasib serupa dengan bintang ini kendati tidak dalam waktu 5 miliar tahun. Helix Nebula terletak pada konstelasi Aquarius dan dapat diamati oleh astronom amatir dengan menggunakan teleskop biasa walaupun tampak redup gambarnya.

Menempati sebuah wilayah di langit dengan ukurannya yang mencapai separuh dari bulan purnama, Helix Nebula berukuran sangat besar sehingga dibutuhkan pantulan cahaya dua setengah tahun untuk mengitarinya.











Wahana ruang angkasa Phoenix Mars Lander yang saat ini masih aktif di permukaan Mars merekam fenomena unik yang disebut debu setan di dekat kutub utara planet tersebut.

Kamera Phoenix mengabadikan enam kali peristiwa debu setan selama seminggu lalu. Baru kali ini debu setan terlihat di dekat kutub utara Mars.

Selama ini gerakan debu yang membentuk tornado itu telah beberapa kali terekam dari satelit-satelit yang pernah mengelilingi Mars.

Debu setan mirip dengan pusaran angin yang sering terjadi di permukaan Bumi. Fenomena tersebut diperkirakan terjadi saat permukaan Mars dihangatkan sinar Matahari.

Suhu hangat di permukaan mengalir ke lapisan udara di atasnya sehingga mendorong debu ke atas dalam gerakan spiral.

"Akan sangat menarik mengamatinya dalam beberapa hari dan minggu ke depan untuk melihat apakah terdapat banyak debu setan atau fenomena tersebut hanya di tempat-tempat tertentu," ujar Mark Lemmon, ilmuwan dari Universitas Texas A&M.

Masing-masing debu setan yang terekam berdiameter antara 2 dan 5 meter. Ukuranya masih jauh lebih kecil daripada debu setan yang pernah direkam wahana penjelajah Spirit di dekat ekuator Mars.

"Kami jelas melihat debu setan, tetapi seberapa sering kami tak tahu," ujar Leslie Tampari, ilmuwan dari Laboratorium Propulsi Jet NASA yang terlibat dalam penelitian misi Phoenix. Peristiwa tersebut bisa jadi langka, bisa jadi tidak.



Transit: Titik Hitam di Sudut Matahari itu Disebut Venus

Di Indonesia, wilayah pengamatan terbaik untuk transit Venus adalah di Nusa Tenggara Timur (NTT), puncaknya terjadi pukul 08.30 pagi.

venus,tata surya
Peluh dingin terlihat di dahi Muhammad Rayhan, Ketua Himpunan Astronom Amatir Jakarta (HAAJ). Lelaki ramah itu tampak kikuk ketika diberi alat pengendali slide presentasi. Satu kali salah klik,"Oh, maaf," katanya sambil tersenyum malu.
Sekitar seratusan anak Sekolah Menengah Umum dan puluhan undangan lainnya hanya tertawa maklum. Tak ada rona mengecilkan Rayhan, pria yang siang itu memaparkan fenomena transit Venus yang akan terjadi pada 6 Juni 2012.
Transit Venus merupakan fenomena yang terjadi dalam siklus pasti 121,5 tahun, 8 tahun, 105,5 tahun, 8 tahun, 121,5 tahun, dan seterusnya berulang. Fenomena ini terakhir kali terjadi pada 2004 lalu. Dengan demikian, 6 Juni nanti - sesuai deret hitung delapan tahun - tepat jatuh pada tahun 2012. Fenomena berikutnya baru akan terjadi lagi pada tahun 2117.
"Fenomena tahun ini tidak akan bisa dinikmati lagi dalam jangka waktu usia kita," kata Rayhan di panggung @america, Pasific Place, Jakarta, Senin (28/5).
Secara umum fenomena ini nyaris mirip gerhana. Ketika Venus melewati tepat di antara Bumi dan Matahari. Karena Matahari sangatlah terang, maka Venus hanya akan terlihat seperti titik hitam kecil di bagian sudut atasnya. "Hampir seperti gerhana Matahari, posisi yang sama, hanya saja berbeda komposisi dan penampilan," ujar Rayhan lagi


- Fenomena Badai Matahari
fenomena luar angkasa badai matahari
Badai Matahari terjadi ketika ada pelepasan seketika energi magnetik yang terbentuk di atmosfer Matahari. Plasma Matahari yang meningkat suhunya hingga jutaan Kelvin beserta partikel-partikel lainnya berakselerasi mendekati kecepatan cahaya. Total energi yang dilepaskan setara dengan jutaan bom hidrogen berukuran 100 megaton. Jumlah dan kekuatan badai Matahari bervariasi. Ketika Matahari aktif dan memiliki banyak bintik, badai Matahari lebih sering terjadi. Badai Matahari seringkali terjadi bersamaan dengan luapan massa korona. Badai Matahari memberikan risiko radiasi yang sangat besar terhadap satelit, pesawat ulang alik, astronot, dan terutama sistem telekomunikasi Bumi. Badai Matahari yang pertama kali tercatat dalam pustaka astronomi adalah pada tanggal 1 September 1859. Dua peneliti, Richard C. Carrington dan Richard Hodgson yang sedang mengobservasi bintik Matahari melalui teleskop di tempat terpisah, mengamati badai Matahari yang terlihat sebagai cahaya putih besar di sekeliling Matahari. Kejadian ini disebut Carrington Event dan menyebabkan lumpuhnya jaringan telegraf transatlantik antara Amerika dan Eropa.







- Tabrakan Antar Galaksi
Fenomena luar angkasa tabrakan antar galaksi







Ternyata galaksi pun dapat saling memakan satu sama lain. Yang lebih mengejutkan adalah galaksi Andromeda sedang bergerak mendekati galaksi Bima Sakti kita, dan gambar di atas itu adalah simulasi tabrakan antar galaksi.
2. Quasar
Quasar tampak berkilau di tepian alam semesta yang dapat kita lihat. Benda ini melepaskan energi yang setara dengan energi ratusan galaksi yang digabungkan. Bisa jadi quasar merupakan black hole yang sangat besar sekali di dalam jantung galaksi jauh. Gambar ini adalah quasar 3C 273, yang dipotret pada 1979.







Fenomena Teraneh yang terjadi di dunia

FENOMENA AIR TERJUN YANG MENGELUARKAN DARAH , ANTARTIKA

http://3.bp.blogspot.com/_taYBEJizfsI/TLkUMch69gI/AAAAAAAAAKM/VhdmyHJTOU0/s400/image001.jpg


Inilah salah satu fenomena alam yang langka terjadi, bagaimana tidak dari sebuah sumber air yang mengalir pada sebuah air terjun bisa terdapat aliran darah yang mengalir terus menerus namun agak lambat. Hal ini terjadi di sebuah Gletser di Antartika tepatnya di lembah Mc Murdo wilayah kutub selatan. Pertama kali seorang geolog menemukan air terjun beku tahun 1911 dan mereka menemui hal aneh yang mereka kira adalah warna merah yang mengalir merupakan warna yang berasal dari ganggang merah, namun sifat sejatinya ternyata lebih dari yang mereka duga.

Kira-kira 2 juta tahun yang lalu Gletser Taylor terkurung dibawah aliran air yang mengandung kumpulan mikroba kuno, dan mereka terisolasi disana dibawah lapisan es yang sangat tebal secara alami, berkembang secara independen mikroba ini hidup tanpa cahaya, panas dan oksigen, dan disana mereka terperangkap pada suatu kondisi salinitas yang sangat tinggi dan kaya akan zat besi sehingga memberikan warna yang merah sama dengan zat besi dalam darah. Analisa Para Ilmuwan memperkirakan cairan seperti darah ini berasal dari mikroba kuno yang terperangkap di dalam celah es. Dan Air terjun ini terjadi karena adanya sebuah celah dari gletser tersebut yang memungkinkan air subglacial tersebut keluar, membentuk air terjun tanpa mencemari ekosistem didalamnya. Para ilmuwanpun akhirnya menduga dari kesimpulan tersebut bisa sangat mungkin terjadi juga di planet planet lain seperti Mars dan Yupiter, Air terjun berdarah ini benar benar suatu fenomena alam yang ajaib baik secara visual maupun ilmiah. Bahkan dihubung-hubungkan dengan adanya aktifitas alien di daerah tersebut.


Fenomena Sun Dog 4 Matahari , China

http://4.bp.blogspot.com/_taYBEJizfsI/TLkR_N3Sk7I/AAAAAAAAAKA/y3H2jjLVa2s/s400/Sundog.jpg
Fenomena dimana matahari terlihat berjumlah lebih dari satu. Nama ilmiahnya parhelion, sama dengan parhelia, dari bahasa Yunani parēlion,disebut juga matahari tiruan adalah sebuah fenomena atmosfer yang menciptakan titik-titik terang cahaya di langit, berbentuk sebuah cincin atau lingkaran bercahaya di kedua sisi matahari, dibentuk oleh kristal es. Sundogs mungkin sebagai cerminan cahaya ke kiri atau kanan dari matahari.Sundogs yang terbaik dan yang paling mencolok terlihat adalah ketika matahari rendah. Muculnya 4 matahari di china merupakan fenomena kejadian aneh tahun 2010 ini, apa alasan ilmilahnya adalah sebagai berikut ini. Menurut ahli LAPAN menegaskan hal itu fenomena alam biasa dan sering terjadi. berikut ini foto 4 matahari di cina tersebut







Fenomena Pintu Neraka, Darvaz, Uzbekistan

http://4.bp.blogspot.com/_taYBEJizfsI/TLkRcdzC49I/AAAAAAAAAJI/C-IRNttZSJQ/s400/gerbang+neraka.jpg




Fenomena Pintu Neraka ini berada di negara Asia Tengah , Uzbekistan… Oleh penduduk setempat lubang ini dijuluki sebagai “Pintu Neraka”. Terletak berdekatan dengan sebuah bandar kecil bernama Darvaz. Kisah ini bermula kira-kira 35 tahun yg lampau. Ketika ahli geologis menggali tempat ini untuk mencari gas bumi. Secara tiba-tiba saat penggalian tersebut, mereka menenemkan sebuah lubang besar di bawah tanah. karena terlalu besar sehingga semua peralatan penggalian tersebut telah masuk ke dalam jurang tersebut. Tak ada yang berani turun ke dalam jurang tersebut karena dipenuhi gas yang beracun . Untuk menghindari gas beracun tersebut naik kepermukaan bumi nyalakan api di dalam jurang tersebut dan sejak saat itu sehingga kini 35 tahun lubang ini terus terbakar.








Fenomena Lubang Besar, Guatemala



http://1.bp.blogspot.com/_taYBEJizfsI/TLkR9XI8lWI/AAAAAAAAAJ0/2DvLeLiIHB0/s320/lubang+besar+diguatemala.jpeg




Akibat dari derasnya hujan terus menerus dan juga badai Agatha, sebuah lubang besar dan dalam di Guatemala terbentuk. Muncul di tengah-tengah kota yang ramai penduduk, lubang besar di Guatemala ini selalu menimbulkan rasa penasaran. Di Internet, lubang dalam tersebut digelari gerbang menuju neraka karena memang dalam sekali kedalamannya. Setiap penduduk yang lewat pasti akan menengok ke dalam untuk coba mengukur dengan perkiraan mereka seberapa dalamnya lubang yang luar biasa mengerikan tersebut. Terbentuk sejak tanggal 31 Mei 2010, kedalamannya kira-kira 3 lantai gedung, coba ukur aja sendiri ya!



KESIMPULAN
Dalam asal mula jagad raya  terdapat sebuah fakta mendasar bahwa sistem besar yang bekerja di jagat raya ini, baik jagat makro maupun mikro, tak lain adalah evolusi. Jagat raya merupakan sebuah sistem yang penuh dengan misteri, sebuah tempat yang tak terhingga luasnya. Fenomena yang terjadi sangat banyak dan belum ditemukan rahasia di balik hal tersebut. Diantara fenomena yang terdapat di jagat raya, tata surya, bumi diantaranya
Galaksi Bimasakti dan Andromeda Mendekat, Mata Tuhan Berjarak 700 Tahun Cahaya, Debu Setan di Kutub Utara Mars, Transit: Titik Hitam di Sudut Matahari itu Disebut  Venus, Fenomena Badai Matahari, Tabrakan Antar Galaksi, Fenomena Teraneh yang terjadi di dunia, Fenomena Lubang Besar, Guatemala, Fenomena Pintu Neraka, Darvaz, Uzbekistan, Fenomena Sun Dog 4 Matahari , China.

            Fenomena tersebut sangat menarik, semoga fenomana membawa kita lebih memahami dan mensyukuri keajaiban yang Maha Kuasa


DAFTAR PUSTAKA
·         Zakiya, Zika.2009 Galaksi Bimasakti dan Andromeda Mendekat http://nasa21.blogspot.com/
           
·         Chandra.2009 Mata Tuhan Berjarak 700 Tahun Cahaya http://nasa21.blogspot.com/
·         No Name.2009.Debu Setan di Kutub Utara Mars http://nasa21.blogspot.com/
·         Zakiya, Zika.2009.” Transit: Titik Hitam di Sudut Matahari itu Disebut
        Venus”http://nationalgeographic.co.id
·         No Name.2010. “Fenomena Badai Matahari” http://cutpen.com
·         No Name.2010.” Tabrakan Antar Galaksi” http://www.nutrisijiwa.com

·         No Name.2012.” Fenomena Sun Dog 4 Matahari , China” http://yuksharav.blogspot.com
·         No Name.2012.” Fenomena Pintu Neraka, Darvaz, Uzbekistan”
·         Houtson,Emile.2010.”Fenomena Lubang Besar, Guatemala” http://yuksharav.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar